June 12, 2010

Melihat Kapan Halaman Blog Terindeks Google

index-googleBerikut ini adalah cara saya untuk melihat kapankah atau seberapa lama postingan yang saya baru saja selesai saya buat (publish) terindeks oleh mesin pencari google. Adapun caranya hanya dengan memasukkan satu kalimat atau lebih yang terdapat pada postingan sebagai kata kunci atau keyword. Bila perlu saya berikan tanda kutip agar hasil pencarian google lebih menyempit.

Dalam postingan ini, saya memakai kata kunci "Pada tips terdahulu kita sudah belajar cara memasang gambar pada desktop, sekarang yang akan kita pasangkan gambar adalah toolbarnya" yang berasal dari postingan sebelumnya yaitu Mempercantik Toolbar Dengan Gambar.(seperti yang terlihat pada gambar ini)
Jika hasil penelusuran mesin pencari google tidak memuat postingan saya, maka saya menyimpulkan bahwa postingan saya belum terindeks. Selanjutnya saya akan mengulangnya lagi dalam beberapa menit kemudian. Apabila masih juga belum terindeks, akan saya ulangi lagi dalam waktu yang lebih lama, Bisa setengah jam, satu jam dan seterusnya. Semakin lama google mengindeks halaman blog saya, semakin membuat saya jadi gelisah, lalu timbul perasaan waswas, jangan -jangan blog saya bermasalah nih....
Namun, setelah mengetahui bahwa halaman blog saya sudah terindeks, barulah perasaan saya menjadi lega. Alhamdulillah....

7 comments:

secangkir teh dan sekerat roti said...

wow..info yang menarik :)

newbie blogger said...

wah bagusni infonya, saya punya pengalaman juga terkadang google cepat mengindex artikel saya kisaran setengah jam tapi kadang juga lama kisaran 4 jam. kira2 apa yang menyebabkan seperti begitu yah, kali aja ada teman-teman yang bisa beri penjelasan.

tata said...

oo gitu ye,, oy broo, ane follow tu follower nya

qsew said...

@ secangkir teh dan sekerat roti : wow..suatu penghormatan nih dapet komen dari blog besaarr..thanx..

@newbie blogger(mas BartIQY) : ya itulah google dengan segala rahasianya. gak ada yang tau pasti. Thanx juga ya..

@ Tata atau raffkhan JUBIE ya...hehe namanya maknyus... ane juga udah follow-ing balik. thanx ya

imam said...

good info

setyo said...

Good infonya

hybrid car said...

atau bisa pakai cara ini sob, ketik "site:www.namadomain.com" di kotak pencariannya google.
google akan menampilkan semua postingan kita yang sudah terindex.