June 17, 2010

Enaknya Belajar Via Internet

Inilah salah satu kelebihan dunia maya. Kita dapat melakukan belajar atau sekolah atau lebih tepatnya lagi kuliah tanpa harus duduk manis di dalam kelas alias sekolah dengan metode jarak jauh dan tanpa terikat oleh waktu. Contohnya adalah salah satu cabang University of California yang berada di kota Berkeley, yakni University of California at Berkeley (UC Berkeley). Di mana kita sebagai mahasiswanya dapat mengikuti pelajaran atau program mata kuliahnya cukup dari rumah ataupun lokasi lainnya yang kita inginkan. Dan UC Berkeley ini sudah rutin merekam mata kuliah dari berbagai fakultas yang dimilikinya pada tiap semester kemudian dipublikasikan melalui internet. Program ini sudah belangsung semenjak tahun 2001. (sekedar informasi tambahan, tingkat kepopuleran situs University of California atau induk dari universitas UC Berkeley ini di search engine google sangat fantastis, dengan posisi pageranknya 10)

Adapun cara penyampaian mata kuliahnya adalah melalui media perekaman audio maupun video. Dan metode untuk mempublikasikan konten audio/video yang seperti ini biasa dinamakan Podcast. Sedangkan bagi para mahasiswa UC Berkeley menamakan Podcast ini dengan sebutan "webcast.berkeley"
Bagi teman-teman yang berminat, bisa menghungi websitenya langsung, yaitu di http://webcast.berkeley.edu/ untuk selanjutnya Kita bisa mendaftarkan diri untuk kuliah di sana sesuai keinginan hobi atau bakat atau selara kita. Adapun mata kuliah yang disampaikan antara lain biologi molekuler, politik, ilmu komunikasi, fisika dan masih banyak lagi.
Dengan cara belajar seperti ini tentunya kita dapat melakukan dua aktivitas sekaligus tanpa batasan. Misalnya sedang dalam perjalanan bisa kita selingi dengan mendengarkan materi kuliah. Hmmm...enaknya belajar via internet.

0 comments: