June 6, 2010

Kesehatan Mata Saat Berinternet

keyboard MouseSaat kita berinternet tidak jarang kita merasakan mata kita pedih karena cahaya yang dikeluarkan oleh monitor. Dan sering juga kita merasakan saat membaca tulisan yang terdapat pada website atau blognya terlalu kecil, sehingga menyebabkan mata kita cepat menjadi lelah. Berikut ini akan saya berikan beberapa tips kesehatan mata saat berinternet atau saat melakukan aktivitas di depan layar monitor:

1. Menjaga jarak nyaman antara mata dengan layar monitor.
Jangan terlalu dekat dengan layar monitor, karena hal ini dapat menyebab mata dengan mudah terkena radiasi yang terpancar dari monitor. Juga jangan terlalu jauh, karena membuat mata cepat lelah.
2. Berikan waktu jeda saat berinternet. Berhentilah sebentar sekitar beberapa menit, untuk menetralkan otot-otot mata. Apalagi mata kita telah memberikan isyarat dengan rasa pedih. Jangan memaksakan mata kita untuk bekerja sangat keras.
3. Saat meng-istirahatkan mata, kalau bisa carilah sudut pandang yang cukup jauh. Misalnya ke luar rumah kemudian fokuskan pandangan kita ke ujung gang sampai yang terkecil. Hal ini untuk menormalkan kembali pandangan kita yang tadi terfokus pada monitor yang sangat dekat.
.4. Bila saat membaca tulisan di dalam website atau blog dirasakan tulisannya terlalu kecil, gunakan trik berikut ini untuk memperbesar tulisannya. Tekan tombol control yang terdapat di keyboard, tahan sambil gerakkan ke atas scroll yang terdapat pada mouse kita (crtl + scroll up). Dengan demikian, kita tidak perlu lagi menempelkan mata kita☺pada layar monitor hanya sekedar ingin membaca tulisan yang terlalu kecil pada suatu website atau blog.

2 comments:

Trik Online said...

kunjungan balik :)

bagus juga nih tipsnya, saya sering ngga mikir tentang kesehatan mata kalau udah internetan, haha

qsew said...

@ Trik Online ( mas Seno Tertiyantono) : cepet banget kunjungan baliknya. Thanx mas.