July 19, 2010

Cara Menyembunyikan Partisi

Sebelum kita bahas trik ini, adapun pengertian atau yang dimaksud dengan partisi adalah suatu potongan atau pecahan dari hard disk pada suatu komputer atau laptop menjadi dua bagian atau lebih. Jika kita lihat menggunakan windows explorer, lebih kurang seperti ini : Local Disk (C:) , Local Disk (D:) dan seterusnya. Biasanya kita mengganti nama drive tersebut dengan nama lain, misalnya System (C:), Data (D:) dan seterusnya.

Tujuan menyembunyikan partisi sebenarnya adalah agar orang lain tidak dapat mengetahui keberadaan suatu partisi pada komputer atau laptop kita. Karena partisi yang kita sembunyikan tidak akan ditampilkan pada windows explorer, maka tidak ada orang lain yang akan membuka partisi yang kita sembunyikan tadi. Misalnya pada Partisi (E:) kita khususkan untuk file-file orang dewasa, sehingga hal ini dapat menjadi salah satu pengaman komputer untuk anak-anak.
Sekarang kita akan mencoba cara mudah menyembunyikan salah satu partisi menggunakan registry editor (regedit.exe) melalui NOTEPAD (notepad.exe) atau Teks Dokumen (New Text Document.txt) misalnya untuk partisi C:.
- Copy kode berikut ini pada notepad
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer]
"NoDrives"=dword:00000004
- Kemudian kita simpan dan mengubah ekstensinya menjadi .reg, sehingga hasilnya menjadi file registry, misalnya New Text Document.reg
- Langkah terakhir klik ganda file tadi, kemudian pilih yes pada jendela konfirmasi.
Untuk melihat hasilnya, lakukan restart pada komputer atau laptop kita

2 comments:

julianusginting said...

oh jadi begitu ya..trimakasih inponya

sprei katun jepang said...

gan thank you good info and helpful blog, greetings and salutations successful blogger

sprei murah