June 1, 2010

Kegunaan Lain Notepad

Sebenarnya banyak sekali fungsi dari program yang bernama Notepad (notepad.exe). Dan saya juga sudah cukup sering membuat artikel mengenai tips atau trik yang bersumber dari Notepad ini. Berikut ini kita akan membuat shortcut atau program sederhana penghapus file-file yang terdapat di folder prefetch menggunakan file .bat.

Pertama-tama kita perlu sedikit mengetahui apa itu prefetch. Prefetch merupakan file sampah yang sebenarnya tidak mengganggu, namun semakin lama semakin besar juga ukurannya, sehingga akan mengurangi kapasitas ruang harddisk. Supaya kita dapat menghapusnya secara cepat, kita buatkan saja shortcutnya dan kita simpan di quick launch.
caranya sebagai berikut:
image notepad- Buka program program notepad.exe atau buatlah New Text Document.txt. Bagi yang belum mengerti caranya klik saja link ini
- Salin atau copy kode di bawah ini ke dalam teks dokumen atau notepad yang tadi telah kita buka:
del C:\WINDOWS\prefetch\*.* /Q
Simpan kemudian keluar dari program notepad tadi, lalu gantilah namanya sesuai selera Anda, sedangkan ekstensinya harus .bat (sesuai selera saya....☺). Misalnya NoPrefetch.bat
- untuk mengaktifkannya dengan cara melakukan klik ganda pada file .bat tadi, namun jika kita telah menyimpannya di quick launch cukup dengan klik kiri sekali saja.

1 comments:

puluthriau said...

Kok, gak bisa ne, , keknya kompi saya bermasalah.,, pas muncul langsung hilang, Tau kenapa?