October 12, 2010

Asal Usul Google

Google merupakan plesetan dari kata googol, yang dipakai oleh Milton Sirotta (keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner). Untuk menyebut angka 1 dan memiliki seratus angka nol dibelakangnya. Google menggunakan kata ini untuk menjelaskan misi perusahaan yang mengorganisasi banyaknya informasi yang tersedia di Internet maupun di dunia ini.

google inc.
Sedangkan pencetus lahirnya Google adalah dua mahasiswa Standford University, Larry Page dan Sergey Brin. Sewaktu menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Page bertemu Sergey Brin. Bersama mereka menjalankan mesin pencari Google, yang mulai beroperasi pada 1998. Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang mendasarkan pada struktur link - link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu. Page masih tetap on leave dari program Ph.D.
Dengan terus melakukan penelitian Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt.
Eric Schmidt merupakan lulusan Yorktown High School (Virginia). Setelah lulus dari yorktown Schmidt meneruskan sekolahnya ke Princeton University untuk mendapatkan gelar Bachelor of Science pada bidang studi Electrical Engineering. Pada tahun 1979 Schmidt mendapatkan gelar Master dalam Rekayasa Elektronika dan kemudian diteruskan dengan gelar Ph.D. dalam Ilmu Komputer pada tahun 1982 dari University of California, Berkeley. Schmidt juga bergabung dalam pembuatan lex, sebuah lexical parser dan sebuah alat penting dalam konstruksi compiler. Selain itu ia juga pernah mengajar secara part time di Standford Business School sebagai seorang professor.

Sumber Referensi :
http://thinie.blogjurnalistikonlain.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Page
http://www.beritanet.com/Business/Corporation/Eric-Schmidt-Penggerak-Roda-Bisnis-Google.html

13 comments:

pemutih gigi said...

wah kok nggak pakek domain googol.com aja ya?
kn lbih unik...

Blogger Sragen said...

Sampai sekarang masih nggak habis pikir sama google. Pokoknya Google keren dah. :D

Blogger Pemula said...

Hmm..dah lama g maen ke blog bro qsew. Setelah sekian lama akhirnya update jg. Hehehe

btw...nice story from google. Jgn lp mampir Blogger Pemula lagi merintis forum...silahkan join sob klo berminat.

Ditunggu kunjungan balasannya.

sawali tuhusetya said...

wah, ternyata nama "google" pun punya sejarah. mungkin sang penemu nama itu ndak akan mengira kalau namanya kemudian bisa bikin heboh orang sejagat!

ndop said...

kalau mau sukses, semua memang perlu ilmu yang tinggi dan kesabaran yang tinggi... hohoho...

Reza Saputra said...

alangkah bahagianya si empunya mesin pencari ini kak,, :D

tomi said...

sekarang jadi banyak situs yg pake domain mirip misal gooogle, gugle, guugle, gogle dll :D

cars new said...

wahh baru tau sejarah google.. padahal sering pake :D

satria yudha said...

googol.com... keren juga ya ? :P

infoomatic said...

sekarang yg punya jadi milyader loh..kapan mahasiswa indonesia bisa menghasilkan karya yg spektakuler dan dimanfaatkan olh seluruh orang di dunia

hasan said...

jadi begitu yach!!
baru tau aq..
thanks atas infonya,..

hybrid car said...

semua usaha sebenarnya punya prospek, cuma masalahnya kadang kita nggak bisa lihat peluang dan gampang menyerah.....

flat mate finder said...

By only evaluating this great site, I possibly could recognize whether a site is earning a great and enjoyable topic for chat. Reading the entire write up, I’m very much satisfied and happy to declare you’re one of those who get the best blog pages which I've visited.