May 31, 2010

Membuat Shortcut Pada Klik Kanan My Computer

image shortcut freecellBetapa menyenangkannya apabila kita dapat menggunakan komputer se-efisien mungkin. Dengan hanya mengklik dua kali maka tercapailah yang kita inginkan. Misalnya untuk menuju permainan atau game freecell yang sering kita mainkan yang telah disediakan dalam Windows XP, kita tidak perlu repot-repot klik start menu lalu all programs...bla-bla-bla.... Cukup klik kanan sekali kemudian klik play game freecell dan permainan pun sudah siap. Play Game Freecell ini sekedar satu contoh saja, dan kita dapat memodifikasi program-program lainnya, seperti restart komputer, membuka registry editor dan sebagainya. Adapun cara mudahnya sebagai berikut:
- Buka program notepad (notepad.exe) atau buatlah new text document.txt. Kalau belum tau silahkan baca artikel sebelumnya, yaitu Mempercantik Desktop Menggunakan Gambar atau klik di sini
- Selanjutnya copy kode berikut ini:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}\shell\Play Game Freecell\command]@="Freecell.exe"
Lalu paste pada notepad yang telah kita buka tadi.
- Langkah terakhir, keluar dari program Notepad atau New Text Document.txt. Lalu gantilah nama dan ekstensinya yang semula .txt menjadi .reg (misalnya menjadi freecell.reg) dan abaikan peringatan dari Windows yang muncul, dengan memilih yes.
File ini bisa kita simpan di mana saja sebagai dokumen dan untuk mengaktifkannya dengan cara melakukan klik ganda pada file tersebut.
Catatan tambahan:
- Untuk kode Play Game Freecell bisa diganti dengan tulisan apa saja sesuai selera Anda, umpamanya Main Gim Freecell
- Untuk kode @="Freecell.exe" kita bisa mengganti dengan program apa saja yang berada di direktori WINDOWS kita, misalnya "regedit.exe"

0 comments: