June 2, 2010

Mengoptimalkan Kinerja Komputer Maupun Laptop

image check diskMengoptimalkan kemampuan komputer maupun laptop memang sudah menjadi suatu keharusan, apalagi komputer ataupun laptop semakin lama akan semakin banyak menumpuk file-file yang sudah tidak diperlukan lagi, dan tentu saja mengganggu kinerja komputer itu sendiri. Berikut ini lima langkah sederhana untuk memperbaiki kinerja komputer:

1. Melakukan penghapusan file-file recent document. Kita dapat menggunakan Disk Cleanup yang terdapat pada windows kita.
2. Melakukan Defragment terhadap semua data yang terdapat pada Hard Disk dengan menggunakan Disk Defragment yang bertujuan agar sistem dapat dengan mudah menjangkau suatu file ataupun program yang akan kita buka karena telah tertata dengan rapi.
3. Apabila dalam membuka suatu folder komputer mengalami kesulitan yang tidak semestinya, misalnya terlalu lama membuka foldernya, kemungkinan telah terjadi crash atau error yang jika tidak segera diperbaiki, akan membuat Hard Disk menjadi rusak. Kita dapat melakukan pengecekan sekaligus memperbaiki kerusakan paada masalah ini dengan menggunakan Check Disk seperti yang terlihat pada gambar.
4. Meng-uninstall program-program berat yang sebenarnya tidak terlalu penting. Selain itu kita pun dapat juga menghapus program-program bawaan Windows yang tidak kita perlukan, seperti Windows Mesenger ataupun yang lainnya melalui Add/Remove Windows Component
5. Memasang program antivirus ataupun program tweaking pada komputer kita kalau bisa program-program tersebut adalah yang berbayar. Kalau tidak, ya minimal yang gratisan pun sudah cukup.
Dengan cara seperti itu tentu akan membuat komputer atau laptop akan selalu terjaga kinerjanya yang optimal. Dan yang lebih penting adalah merawat kebersihan komputer maupun laptop kita dari kotoran yang menempel pada casing, mouse, keyboard ataupun yang lain-lainnya

2 comments:

raffkhan JUBIE said...

thanks infone bro.. thanks kunjungan juga bro,, sukses blogger...

qsew said...

@ raffkhan JUBIE : sama-sama brow...