November 3, 2010

Mengenal Virus Komputer

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Virus komputer merupakan suatu program komputer yang sanggup menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, lalu menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam suatu program atau dokumen lain. Agar bisa memahaminya, Virus komputer bisa juga dianalogikan dengan virus pada makhluk hidup seperti manusia. Virus ini dapat menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup lainnya. Adapun akibat yang ditimbulkan oleh Virus komputer antara lain : dapat merusak, misalnya dengan merusak data pada dokumen, membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

logo virus komputer
Efek negatif yang ditimbulkan virus komputer adalah akibat penggandaan dirinya sendiri, yang menjadikan sumber daya komputer, seperti penggunaan memori, menjadi berkurang secara signifikan. Data menunjukkan bahwa 95% virus komputer berbasis pada sistem operasi Windows. Sedangkan sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan sanggup merusak perangkat keras.


sumber : Wikipedia Bahasa Indonesia

9 comments:

Sukadi Brotoadmojo said...

Mendengar kata virus yang tergambar adalah ancaman... Karena banyaknya jeis virus komputer sekarang ini, maka harus lebih hati-hati dan memagari komputer dengan antivirus yang selalu terupdate...he.he
Terimakasih

Sungai Awan said...

virus ini menjengkelkan kawan.
tiap kali terinfeksi aku harus format HD.
la wong di scan yo ra mempan

al-wildan blog said...

coba discan pake CD antivirus aslinya dulu gan...
tp enakan pake ubuntu...
wkwkwkwwkwk

Mortgage said...

3 bulam yang lalu kompie saya kena virus huhuhuhu...
*lupa nana virusnya

Reza Saputra said...

nih baru aja saya scan komputer saya kak

satria yudha said...

jenis2nya mna bro?

Cerita Dewasa said...

Yang penting perkuat pertahanan diri komputer kita dengan antivirus

BlogNews said...

virus paling susah dibasmi sampe saat ini ya win32 sality mas.. semua exe ancuuur

tomi said...

pake linux yg aman dari virus mas