May 12, 2010

Sebelum Virus Menyerang Sistem Komputer

no virus
Sebelum virus menyerang sistem komputer kita dan sebelum kita dibuat pusing tujuh keliling, ada baiknya jika kita melakukan antisipasi semaksimal mungkin. Sebab kehadirannya sudah pasti tidak menguntungkan dan tentunya juga tidak kita harapkan.

Jika komputer kita mempunyai spesifikasi yang memadai serta didukung dana yang cukup, tentunya antisipasinya pun tidak terlalu menjadi masalah. Cukup dengan membeli antivirus terbaik. maka amanlah semuanya. Tapi jika komputer kita yang jangankan dipasangi antivirus, untuk koneksi saja sudah ngos-ngosan alias lemot atau bahasa gaulnya lola (loading lama), tentunya kita ingin terbebas juga dari serangan maut si virus.
Berikut ini langkah-langkah antisipasi atau cara menyelamatkan komputer sebelum virus menyerang sistem komputer kita :
1. Usahakan mem-backup semua data-data penting ke dalam media eksternal, misalnya di-burnig ke piringan CD atau disimpan pada flashdisk atau bisa juga pada hard disk eksternal.
2. Mematikan sistem autorun, yaitu fasilitas dari Windows untuk memudahkan penggunaan media eksternal, seperti disket (sekarang mungkin sudah tidak populer, karena sudah jarang bahkan sudah tak ada yang memakainya lagi), flashdisk ataupun hard disk eksternal
3.Tidak asal main klak-klik saja saat menggunakan media eksternal yang sudah saya sebutkan di atas. Gunakan explorer untuk menjelajahinya, caranya dengan menggunakan klik kanan pada tombol mouse kemdian pilih explorer, dari sana kita dapat mengenali file apa saja yang kita curigai sebagai virus.
4. Tidak mengunjungi situs-situs yang belum kita ketahui tingkat keamanannya. Kunjungi hanya ke situs-situs yang sudah jelas tingkat keamanannya, yang menurut akal sehat kita tidak mungkin terdapat virus di dalamnya, dan kalau perlu yang sudah mempunyai nama besar misalnya, google, yahoo, msn, dan lain-lain.
Dan tentunya masih banyak lagi trik yang bisa kita gunakan untuk melindungi komputer kita dari serangan virus. Namun empat poin ini pun menurut saya sudah cukup ampuh dalam menghadapi ancaman virus sebelum virus menyerang sistem komputer kita.

1 comments:

TUKANG CoLoNG said...

aku nih paling lalai mengenai keamanan lapy..:(