July 26, 2011

Lagu Ilegal

Tech Info - Saat ini sejumlah asosiasi industri musik di tanah air sedang gencar-gencarnya mengecam website/blog yang menawarkan lagu-lagu ilegal yang dapat di-download secara gratis. Beritanya pun begitu ramai.

Salah satu website yang didesak untuk segera ditutup adalah www.gudanglagu.com. Namun, situs ini pun segera mengeluarkan pembelaan. "100% Gudanglagu.com tidak menyimpan lagu bajakan," begitu pernyataan yang ditulis di halaman Gudanglagu. "Benar!! kami tidak menyimpan lagu bajakan. Para penikmat musik Indonesia dan para pengunjung setia situs ini. Perlu kami jelaskan bahwa gudanglagu.com tidak satupun menyimpan lagu bajakan dan tidak menyimpan lagu ilegal. Gudanglagu.com adalah situs (yang) berusaha menginformasikan lagu-lagu terbaru dan chart lagu terpopuler disertai dengan lirik dan video klipnya," jelas Gudanglagu dalam tulisannya. "File-file tersebut tersimpan di berbagai layanan file hosting, mulai dari 4shared, rapidhsare, mediafire, ziddu. File tersebut diupload oleh para pengguna internet," tambahnya.


illegal download MP3
Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring didesak oleh komunitas industri musik tanah air agar segera menutup 20 situs yang menyediakan lagu-lagu ilegal yang dapat di-download secara gratis tersebut. Adapun desakan itu disampaikan oleh asosiasi musik seperti Asirindo, Prisindo, PAMMI, RMI, PAPPRI, ASIRI, APMINDO, Gaperindo, WAMI, dan KCI. Mereka bergabung untuk melawan pembajakan lagu/musik dalam kampanye yang bertema Heal Our Music.

Menkominfo Tifatul Sembiring sendiri telah menemui sejumlah perwakilan dari gerakan Heal Our Music tersebut. Untuk menindaklanjuti seluruh aspirasi dari para pemusik lokal, Kominfo berencana akan mengadakan pertemuan lanjutan tanggal 27 Juli 2011 nanti.

Berikut ini adalah 20 website yang dianggap melanggar Undang-undang Hak Cipta dan Hak atas Kekayaan Intelektual tersebut:

- www.gudanglagu.com
- www.gudanglagu.net
- www.mp3sgratis.net
- www.mp3lagu.com
- www.warungmp3.com
- www.pandumusica.info
- www.musik-corner.com
- www.mp3bos.com
- www.mp34shared.com
- www.musik-flazher.com
- www.index-of-mp3.com
- www.misshacker.com
- www.trendmusik.com
- www.abmp3.com
- www.katalogmp3.info
- www.mp3bear.com
- www.mp3downloadlagu.com
- www.freedownloadmp3.org
- www.dewamp3.com
- www.plasamusic.com

4 comments:

TUKANG CoLoNG said...

4shared gimana?

tomi said...

yang bodo emang pemerintahnya :D
kalau mau nutup itu ya situs file sharingnya bukan situs penyedia linknya :D

Peluang Bisnis Online tanpa Ribet - Sigodang Pos said...

Kita tunggu sajalah bagaimana pemerintah mengatasinya. Semoga saja tidak ada yang dirugikan, termasuk kita sebagai penikmat lagu.

Hybrid car said...

Ya itulah pemerintah. Mereka itu sebenarnya politisi, bukan Ahli TI..