June 14, 2010

Bocoran Password Pada Firefox

master-passwordKali ini saya hanya ingin mengingatkan saja, mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui sisi negatif pada Web Browser kesayangan kita, yang namanya Mozilla Firefox. Kalau kita sering mengotak-atik setingan pada Firefox, mungkin kita sudah tahu, bahwa password pada web browser Firefox tersebut tidaklah telalu aman, bahkan dapat dikatakan tingkat keamanannya sangat rentan, sebab siapapun yang menggunakannya pasti bisa melihat password kita, hanya dengan membuka Tools kemudian memilih Options lalu mengklik Security. Dan langkah terakhir dengan meng-klik Saved Password, sehingga muncullah semua rahasia kita.

Tidak dapat dibayangkan kalau semua password tersebut diketahui teman kita yang kebetulan mungkin sedang berkunjung. Lalu di suatu saat, misalnya, ia dapat saja mencuri akun Facebook kita yang bisa jadi mempunyai nilai materiil yang lumayan tinggi. Lalu bagaimana mungkin kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya teman kita itu yang mencuri akun kita, sedangkan kita tak punya bukti apa-apa.
Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, sebaiknya kita gunakan Master Password untuk mengunci password kita dengan memberikan tanda centang pada pada kotak kecil use master password, sehingga akan muncul jendela baru untuk memasukkan Master Password kita. Dengan melakukan langkah kecil ini, setidaknya kita telah menguragi sedikit bahaya karena bocornya password kita melalui web browser Mozilla Firefox.

0 comments: