September 25, 2010

Chip Armada 628 dari Marvell Untuk Perangkat Mobile

Marvell Teknology Group, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Sehat dan Pantas Sutardja, dua orang bersaudara yang berasal dari Jakarta serta Weili Dai, istri Sehat Sutardja, kini berhasil membuat sebuah chip prosesor triple core. Chip ini mereka beri nama Armada 628, yang didesain untuk perangkat mobile hemat energi. Adapun Marvell Technology Group ini merupakan sebuah perusahaan semikonduktor yang didirikan pada tahun 1995 di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

Marvell Tecnology Workshop
Ruang Kerja Mavell Technology Group
Pengumuman tentang diluncurkannya Armada 628 ini mereka lakukan pada saat dunia teknologi masih ramai  membicarakan prosesor dual core yang juga untuk industri mobile. Chip Armada 628 yang menggunakan tiga unit prosesor ARM ini diklaim oleh mereka sebagai chip prosesor multi core yang pertama dan didesain untuk berjalan di perangkat mobile.
Sedangkan untuk penghematan dayanya, digunakan core ARM yang ketiga pada chip tersebut supaya dapat menyeimbangkan load kerja diantara kedua prosesor lainnya. Dengan penggunaan teknik ini akan membuat konsumsi daya menjadi tetap rendah, dan tentunya akan membuat chip Armada 628 ini berjalan dengan efisien.
Dari ketiga core tadi, dua di antaranya berjalan pada kecepatan 1,5GHz, sedangkan untuk core yang ketiga berjalan pada kecepatan 624MHz. Secara total, chip Armada 628 ini mempunyai L2 cache yang besarnya 1 Mega Bytes serta mendukung perangkat koneksi USB 3.0. Dengan total kekuatan prosesor yang mencapai 3GHz, Armada 628 dapat memutar ataupun mengolah konten HD. Dan chip ini juga bisa mengatasi game 3D. Tahun 2009 lalu, Marvell juga sudah memiliki teknologi quad core yang sengaja diciptakan untuk prosesor ponsel.

sumber : marvell.com
gambar : yourmobile.org

10 comments:

Reza Saputra said...

wah quad core untuk ponsel? beneran kah?

infoomatic said...

wah..pasti ngeboost banget performanya..kalo dibandingkan A4 chip processornya iPhone gmn bor..?

sawali tuhusetya said...

hebat! ternyata orang kita pun sudah mampu bikin Armada 628, apalagi kalau sudag amat kompatibel dengan industri mobile! info yang menarik.

four dreams said...

waduh canggih deh :D

dedekusn said...

Keren tuh... Chip yg mantabs pastinya :)

hybrid car said...

Waduh...bagaimana dengan nasib netbook ya ? dengan processor seperti itu, kalah cepet dong netbook...

Teras Info said...

kunjungan balik ni....
iya sama-sama....
akhirnya berhasil ya bikin recent comentnya....

four dreams said...

sobat aku mampir lagi nih sob, nunggu postingan baru kamu :D

Tukang Gosip said...

wei berarti bikinan dalam negri dunk !!!!

gw doank said...

Ternyata orang kita hebat juga ya mas