June 28, 2010

Salah Kaprah Seputar Keylogger

Menyambung tulisan sebelumnya yaitu Antivirus Ringan Untuk Internet Lemot. Beberapa blog atau website yang mengulas masalah keylogger memberikan tips aman untuk menghindari intaian keylogger. Mereka memberikan tips yang kata-katanya lebih kurang seperti begini, "untuk menghindari keylogger saat harus internetan di warnet, bawalah flash disk yang telah disisipi username maupun password. Kemudian copy-paste username maupun password tersebut untuk login". Jika Anda percaya, silahkan saja ikuti tips tersebut.
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, satu-satunya cara untuk menghindari keylogger adalah menggunakan fasilitas Windows yang bernama On Screen Keyboard (osk.exe). Untuk membuka programnya, cukup ketik osk di kolom RUN...pada Start Menu atau dari direktory C:\WINDOWS\system32\osk.exe.Namun seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini program pemantau yang bernama Screen Capture, yaitu program yang dapat memantau suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang terhadap komputer atau laptop, kemudian Screen Capture ini merekam gambar pada layar monitor tersebut. Sepertinya hal ini juga memungkinkan seseorang hacker untuk melakukan hacking terhadap komputer korban.
Jadi, Kalau harus ke warnet, sebaiknya hindari saja semua hal yang berhubungan dengan keamanan data. Apabila dalam kondisi terpaksa, lebih baih baik meminjam tetangga atau teman yang sifat-sifat kepribaidiannya sudah kita kenal dengan baik.

4 comments:

marsudiyanto said...

Kita memang harus hati2...
Warnet adalah tempat paling rawan.

qsew said...

betul mas...sumber paling rawan warnet

Artta said...

Setuju banget sob . . .



Salam.

DARKSKY said...

ciri2 warnet rawan liat di bagian bawah kanan pada taskbar jika ada icon deeprez dan anti executable berarti tingkat kerawanannya kecil artinya kalaupun sampe id anda kebobolan itu tandanya operator / tenaga IT yang bermasalah, jika tidak ada deeprez dan antiexecutable-nya coba installkan software security task manager terus buka pasti kelihanan tuh paling atas sendiri di list merah