July 20, 2010

Cara Mengunci Partisi

kolom alamat
Pada tulisan sebelumnya kita telah belajar mengenai cara menyembunyikan partisi. Tetapi orang lain masih dapat membuka atau mengakses partisi yang kita sembunyikan tersebut dengan cara mengetikkan alamat partisinya seperti yang terlihat pada gambar.Dengan demikian partisi yang telah kita sembunyikan masih bisa dibilang belumlah aman karena dapat dibuka orang lain.

Sekarang kita akan mencoba untuk mengunci partisi tersebut, sehingga tidak akan ada orang lain yang dapat mengakses partisi yang kunci tadi. Bahkan kita sendiri sekalipun tidak akan bisa membukanya. Adapun cara membuat file registry untuk trik ini sama seperti yang telah kita pelajari pada tips sebelumnya, yaitu cara menyembunyikan partisi. Hanya saja kode yang kita pakai adalah sebagai berikut ini
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer]
"NoViewOnDrive"=dword:00000004
Untuk dapat membuka kembali partisi yang telah kita kunci tadi, caranya cukup mudah, yaitu dengan mengganti kode dword-nya menjadi dword:00000000. Dan untuk mengaktifkannya ikuti langkah seperti saat kita mengaktifkan penguncian partisi.
Sebenarnya kita dapat juga menyembunyikan atau mengunci beberapa partisi sekaligus dengan cara menjumlahkan nilai partisi yang akan kita sembunyikan ataupun kita kunci. sebagai contoh, partisi C: + D: maka nilainya menjadi 4 + 8 = 12 (4 untuk partisi C: dan 8 untuk partisi D:), sehingga dword value-nya menjadi seperti ini dword:00000012.
Kita juga dapat menyembunyikan sekaligus mengunci beberapa partisi tadi dengan cara menggabungkan kode-kodenya seperti ini:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer]
"NoViewOnDrive"=dword:00000012
"NoDrives"=dword:00000012
Sehingga selain tersembunyi, partisi tersebut juga tidak dapat diakses atau dibuka. Adapun untuk nilai partisi lainnya kita dapat melihatnya pada tab menu Kode Kunci di atas, di sebelah Facebook Cheat.

3 comments:

dinoo said...

mau tanya mas, bagaimana cara mengetahui nilai partisi, untuk C --> 4
sedangkan D --> 8
..
template nya green, manteb mas,, go green..

ndop said...

wow.. saya belum begitu paham mengenai partisi, kayaknya lain kali harus belajar di blog ini nih, suwun mas infone...

qsew said...

sami-sami mas ndop...