July 8, 2010

Mengubah Nama Kita Pada Tombol Start

tombol startDi antara para pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows XP mungkin sudah bosan melihat tulisan START pada tombol start menu. Bagaimana kalau kita ganti saja dengan nama kita, supaya komputer kita tampilannya tidak membosankan dengan tulisan START tersebut. Sekalian kita belajar menjadi hacker di samping belajar komputer tentunya.
Res Hacker
Yang pertama yang harus kita lakukan adalah mempunyai program yang bernama Res Hacker atau Resource Hacker (ResHacker.exe). Untuk mendapatkankan file program ini, bisa mencarinya di internet. Adapun ukuran file ini cukup kecil, yaitu kurang dari 1 MB. Untuk mengenal labih jauh file Res Hacker ini Anda dapat membacanya pada artikel sebelumnya yaitu Belajar Menjadi Hacker, Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Buka program ResHacker, lalu klik file kemudian Open selanjutnya cari file yang akan kita kerjakan, yaitu file Explorer.exe yang biasanya lokasinya ada di C:\WINDOWS\explorer.exe
- Masuklah ke folder String Table kemudian ke Folder 37 selanjutnya kita klik saja pada 1033 yang ada di sana (lihat gambar)
-cari tulisan START lalu ganti saja dengan tulisan yang kita inginkan (kalau yang terlihat pada gambar, sudah saya ganti tulisan START-nya dengan nama KAYLA)
- Langkah terakhir silahkan disave untuk menyimpan hasil pekerjaan kita. Tapi disarankan untuk tidak menyimpannya pada folder di mana file explorer asli berada, meskipun ResHacker sudah mengamankan dan menyembunyikan file asli explorer.
Untuk mengaktifkan file explorer yang baru kita buat, kita harus memberi nama file-nya explorer.exe juga. Sedangkan untuk memasangnya pada windows XP secara langsung mungkin agak sulit, karena sistem proteksi yang terdapat pada WIndows XP tersebut, kecuali kita menggunakan dual booting atau sistem operasi ganda. Untuk mudahnya, kita perlu me-reboot atau me-restart komputer kita kemudian masuk ke safe mode. Setelah itu baru kita dapat menghapus file explorer.exe asli dan memasukkan file explorer.exe buatan kita.

2 comments:

dinoo said...

kreatif mas, ngeri juga ni mas qsew, sudah mulai ke tahap ngehack..
unik, bisa diganti nama sendiri, skaligus kalau ditemu orang, kan bisa balik, soalnya laptop ada namanya, he he

qsew said...

betul mas dinoo...tapi hacking kecil-kecilan aja kok..hehe