June 20, 2010

Memaksimalkan File Sistem NTFS

alamat file NTFSUntuk Pengguna Windows XP saat ini mungkin sebagian besar menggunakan file sistem NTFS dibandingkan dengan file sistem FAT32. Memang kalau dibandingkan, menggunakan file sistem NTFS  jauh lebih baik dari pada file sistem FAT32. Adapun beberapa kelebihan file sistem NTFS dibandingkan file sistem FAT32 adalah sebagai berikut :

- NTFS memiliki sistem proteksi yang lebih tinggi daripada FAT32 (dengan kompresi data yang bagus serta enkripsi datanya lebih sulit ditembus)
- NTFS memiliki HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem>kecepatan akses data yang lebih cepat dibandingkan file sistem FAT32.
- Ukuran file dalam file sistem NTFS tidak terbatas, sedangkan FAT32 hanya beberapa GB.
- File sistem NTFS mempunyai tingkat keefisienan yang lebih baik dibandingkan FAT 32
Tetapi ada sedikit kekurangannya, yaitu setiap kali Windows mengakses direktory, maka sistemnya akan merekam saat terakhir akses semua direktory yang telah dillaluinya, sehingga akan mempengaruhi performa komputer. Untuk mematikan fasilitas ini sehingga dapat memaksimalkan performa atau kinerja file sistem NTFS, sebaiknya kita atur regiytry nya sebagai berikut:
- Buka program Registry Editor (regedit.exe), bagi yang belum mengerti, bisa membukanya melalui kotak RUN... pada Start Menu, kemudian ketik saja regedit lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
- Masuklah ke alamat registry ini :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FileSystem
- klik ganda pada item NtfsDisableLastAccessUpdate, langkah selanjutnya ganti nilainya menjadi 1, kemudia tekan tombol Enter.

0 comments: