July 18, 2011

Efek Buruk Pecandu Internet

Tech Info Saat ini penggunaan internet mungkin sudah bukan sesuatu yang aneh. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan internet secara berlebihan bisa membuat salah satu bagian otak cenderung keriput.

Saat ini para ilmuwan menemukan adanya tanda-tanda atrofi atau penyusutan pada materi abu-abu di otak remaja yang menggunakan internet berlebihan yang kondisinya semakin memburuk dari waktu ke waktu.


Pecandu InternetPenyusutan otak ini berpengaruh pada tingkat konsentrasi, daya ingat, bahkan juga kemampuan untuk membuat keputusan dan tujuan yang diterapkan. Efek buruk lainnya adalah dapat mendorong pengguna internet tersebut melakukan perbuatan negatif.

Kesimpulan ini diperoleh dari hasil studi yang dilakukan dengan menggunakan scan otak MRI pada 18 pelajar berusia 19 tahun yang menggunakan internet selama 8 hingga 13 jam per hari, enam hari dalam seminggu, untuk bermain game online,

Pelajar tersebut dinyatakan sebagai pecandu internet setelah menjawab delapan pertanyaan, diantaranya adalah apakah mereka telah berusaha agar dapat berhenti menggunakan internet, apakah kepada keluarga, mereka berbohong mengenai jumlah waktu yang dihabiskan untuk online .

Hasil perbandingan dari studi atau penelitian tersebut pada kelompok kontrol menunjukkan bahwa remaja pecandu internet mengalami kerusakan materi abu-abu pada permukaan keriput otak (korteks), yang merupakan tempat pengolahan memori, emosi, kemampuan bahasa, penglihatan, pendengaran dan kontrol motorik.

Penelitian itu juga menemukan akan adanya perubahan di dalam jaringan otak yang dinamakan materi putih, yang melewatkan pesan antara daerah berbeda dari materi abu-abu pada sistem saraf. Menurut peneliti, kerusakan otak ini memicu remaja lebih bergantung pada internet dan harus menghadapi risiko mengalami IAD (internet addiction disorder).

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa kecanduan internet dalam jangka panjang akan mengakibatkan  perubahan pada struktur otak," jelas seorang peneliti yang merupakan ahli saraf dan ahli radiologi di universitas dan rumah sakit di China, seperti dilansir Dailymail, Senin (18/7/2011).

baca juga :
Kesehatan Mata Saat Berinternet
Pengaman Internet untuk Anak
Tiga Program Wajib Untuk Internet.

4 comments:

TUKANG CoLoNG said...

saya kenak nih

tomi said...

wahh lama g kesini mas...
emang smua ada efek buruk.. cuma yg penting jgn ketagihan internet aja :D
pinter2 bagi waktu

Hybrid Cars said...

Semua itu kalau sudah kecanduan ya tidak bagus..
kecuali satu, kecanduan berdoa... :D

Hybrid car said...

Sudah dipindah sob. Silahkan cek :)